Friday 2 May 2014

Tut Wuri Handayani

Tanggal 2 mei yang juga merupakan tanggal lahir adik pertama saya merupakan salah satu tanggal bersejarah bagi bangsa indonesia, tepatnya merupakan Hari Pendidikan Nasional ( Hardiknas ). Sejauh mana perkembangan pendidikan di indonesia? pertanyaan yang kurang begitu penting bagi saya, yang jelas pendidikan pada saat ini sangat beranekaragam dengan berbagai carut marut yang menyertainya. Yang paling disorot pada saat ini pro dan kontra mengenai Ujian Nasional. Perlu diketahui bahwa saat ini media online dengan berbagai fasilitasnya terdapat sebuah alamat ( website ) dengan URL : www.tolakujiannasional.com.

Tak terbayang apa yang terfikirkan oleh seorang yang bernama Ki Hajar Dewantara yang notabene merupakan tokoh pelopor pendidikan di Indonesia dan pendiri lembaga pendidikan taman siswa melihat kondisi pendidikan di Indonesia saat ini ?


Pahlawan yang satu ini tidak identik dengan senjata, berperang dan mati-matian membela tanah air dari penjajahan. Namun, pada dasarnya barangsiapa yang bisa memajukan berbagai bidang; sosial, budaya, ekonomi, pendidikan teknologi dll. yang pada dasarnya bertujuan untuk memajukan kesejahteraan rakyat banyak maka patutlah kita katakan sebagai pahlawan nasional.
Jasa beliau diantaranya beberapa kalimat filosofis dalam pengembangan pendidikan di Indonesia yang sering kita dengar diantaranya "ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, Tut Wuri Handayani" yang memiliki arti " di depan memberi teladan, di tengah memberi bimbingan, di belakang memberi dorongan"
Puncaknya beliau dianugrahi sebagai bapak pendidikan nasional Indonesia dan berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI No. 305 tahun 1959 tertanggal 28 November 1959, hari kelahiran Ki Hajar Dewantara yaitu tanggal 2 Mei ditetapkan sebagai hari pendidikan nasional. ( www.infonews.web.id )

sudah semestinya kita fahami, kita sadari, perjuangan dalam memperjuangkan namanya pendidikan sedemikian rupa tantangan dan jalan terjalnya, sedangkan keadaan saat ini sangat jauh dibanding dengan pengorbanan yang beliau kerahkan, lantas seperti apakah penerus bangsa yang notabene melanjutkan perjuangan Ki Hajar Dewantara melaksanakan amanat tersirat ini ? silahkan jawab sesuai dengan situasi dan kondisi rekan yang alami saat ini !

Salam Coreter, 
Read more »

0 comments:

Post a Comment

Copyright © CORET-CORETAN 2013

Template By assaul