Wednesday 17 April 2013

Perpindahan Kalor

Saat kita berada di tengah lapangan jika ada terik matahari maka kita merasakan panas. Panas tersebut merupakan bukti  adanya rambatan energi dari matahari menuju bumi. Contoh lainnya jika air panas dicampur  dengan air dingin maka suhu air  panas akan turun sedangkan suhu  air dingin naik. Hal ini terjadi karena benda panas memberikan kalor kepada benda dingin. Jadi kalor berpindah dari benda yang suhunya tinggi ke benda yang bersuhu rendah. Kalor adalah salah satu bentuk energi yang merupakan energi termal. Energy termal ini berbentuk energi kinetik atom atau molekul dalam suatu bahan. Energi dapat berubah dari satu energi ke jenis energi lain juga dapat berpindah/merambat. Ada tiga jenis perpindahan energi yaitu konduksi, konveksi dan radiasi.

         a.   Perpindahan Kalor Secara Konduksi
Perpindahan kalor secara konduksi disebabkan karena partikel-partikel penyusun ujung zat yang bersentuhan dengan sumber kalor begetar. Makin besar getarannya makin besar energi kinetiknya. Karena energi kinetik partikel bergerak bebas hingga bertabrakan dengan partikel lain. Contohnya jika sebuah batang besi dipanaskan pada salah satu ujungnya, lama-kelamaan seluruh batang besi akan menjadi panas.


 b.      Perpindahan Kalor Secara Konveksi
  Konveksi adalah perpindahan kalor yang disertai dengan perpindahan partikel-partikel zat. Perpindahan kalor dengan cara konveksi terjadi karena adanya perbedaan massa jenis zat. Konveksi dapat terjadi pada zat cair dan gas.
Konveksi pada zat cair contohnya saat memasak air, Air dipanaskan akan memuai sehingga massa jenisnya akan berkurang. Karena massa jenisnya berkurang, air bergerak naik. Tempatnya digantikan oleh air yang suhunya lebih rendah, bergerak turun karena massa jenisnya lebih besar.


Sedangkan konveksi pada gas contohnya angin laut dan angin darat, angin laut terjadi pada siang hari dimana tanah lebih cepat menjadi panas daripada laut sehingga udara yang diatas daratan lebih panas daripada udara yang diatas laut membuat udara yang diatas daratan naik dan tempatnya digantikan oleh udara yang diatas, angin darat terjadi pada malam hari dimana udara di tanah lebih cepat dingin dibandingkan lautan sehingga udara diatas daratan lebih dingin daripada diatas laut dan udara diatas laut naik dan tempatnya digantikan oleh udara diatas daratan.



       c.       Perpindahan Kalor Secara Radiasi
   Radiasi adalah perpindahan kalor tanpa zat perantara. Contohnya sinar matahari memanasi tubuh kita. Pemanfaatan radiasi dalam kehidupan sehari-hari contohnya adalah pendiangan rumah dan panel surya. Pendingin rumah, sebagian besar kalor pada pendingan rumah akan naik ke atas cerobong asap karena dibawa oleh arus konveksi udara, tubuh kita merasa hangat karena penjalaran kalor ke samping dalam bentuk gelombang elektromagnetik, proses tubuh merasa hangat merupakan proses penghantaran kalor secara radiasi.


Read more »

0 comments:

Post a Comment

Copyright © CORET-CORETAN 2013

Template By assaul